top of page

Grupo Agência Alcântara

Público·68 membros

Cara Membuat Laporan Stock Barang Dengan Exce [CRACKED]


Apakah Anda sedang menjalankan usaha di bidang retail saat ini? Jika ya, maka Anda perlu mempelajari bagaimana cara membuat laporan stok barang harian gudang, namun Anda tidak perlu khawatir karena bisa download contoh form inventory dalam bentuk Excel yang akan diberikan oleh Blog Mekari Jurnal.




Cara Membuat Laporan Stock Barang Dengan Exce



Biasanya judul kolom berupa nomor, kode barang, harga barang, jumlah dan lain sebagainya. Kolom-kolom tersebut disesuaikan dengan jenis informasi yang akan disampaikan sesuai tujuan dibuatnya laporan.


Sebagai contoh, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi barang dan memiliki lebih dari satu gudang bisa melakukan pembukuan stok barang baik secara manual, dengan membuat tabel excel maupun penggunaan software yang dapat mempermudah dalam pencatatan keluar masuk barang hingga laporan barang terjual .


Untuk mengelola aktivitas keluar masuknya barang, Anda harus membuat daftar laporan keluar masuk barang untuk memberikan kemudahan dalam proses pengelolaan dan memonitor ketersediaan barang yang ada di perusahaan.


Jika masih merasa kesulitan, Anda dapat membuat laporan keluar masuk barang terlebih dahulu. Meskipun sederhana, itu akan membantu Anda melakukan pengelolaan persediaan barang dagangan atau inventory control.


Jika Anda tak ingin repot dengan cara manual, kini Anda bisa download aplikasi penjualan berbasis web gratis dari Jurnal yang akan memudahkan proses keluar masuk barang, transaksi jual beli, dan masih banyak lagi.


Stock opname adalah kegiatan penghitungan persediaan barang dagang yang ada di gudang dimana dalam kegiatan tersebut akan mencocokkan nilai persedian yang tersedia secara fisik yang ada di gudang dengan nilai buku persediaan yang ada di laporan.


Tujuan dilakukannya stock opname adalah untuk mengetahui secara pasti dan akurat mengenai persediaan yang ada di dalam catatan pembukuan dan yang ada di gudang apakah benar-benar sama nilainya atau malah ada selisih kelebihan atau kekurangan persediaan barang dagang.


Laporan stok barang sangat penting untuk mengelola inventaris dengan efisien. Manfaat laporan stok barang yang utama adalah sebagai sumber informasi yang tepat kapan dan berapa banyak harus melakukan restock.


Langkah pertama dalam cara membuat laporan stok barang adalah membuat daftar produk bisnis Sobat Shipper. Jika penyimpanan barang terbagi pada beberapa gudang, cantumkan kode gudang yang digunakan menyimpan barang tersebut. Jika barang sedang tidak tersedia, tetap catat sebagai data untuk di masa depan.


Ini adalah kolom pada laporan stok barang yang menjelaskan jumlah stok setiap produk yang tersisa. Jika ada produk habis, jangan dihapus dari daftar melainkan isi bagian ini dengan angka 0. Kolom ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah produk masih memiliki jumlah stok yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau tidak.


Laporan stok barang harus diisi secara konsisten pada setiap periodenya. Apakah tahunan, bulanan atau mingguan. Pastikan terdapat keterangan waktu pada setiap laporan untuk memastikan setiap informasi akurat.


Itulah cara membuat laporan stok barang. Periksa kembali ulasan stok secara cermat untuk memastikan semua terisi dengan akurat. Jika semua data telah dicatat dengan benar, beri tanggal dan tanda tangani laporan sebagai validasi. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa gudang terbaik yang bisa menyimpan stok barangmu. Kamu bisa menggunakan jasa gudang terbaik yang disediakan oleh Shipper. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi


Di kelas ini kamu akan belajar atur stock barang dengan cara yang lebih cepat dan tepat dengan menguasai trik-trik menggunakan Microsoft Excel. Ayo belajar langsung dari Jeddika Ciangga, Tech Business Intelligence Analyst di Ula!


Pada tahap ini, tim kamu akan melakukan persiapan gudang caranya dengan memberikan stiker atau tag. Selain itu, merapikan stok berdasarkan kode dan jenis barang serta melengkapi stok barang yang sesuai.


Kamu bisa mengintegrasikan toko jualan offline dan online kamu dimana semuanya sudah dilakukan secara otomatis mulai dari laporan keuangan, persediaan barang, sampai sistem manajemen gudang (WMS) karena sudah termasuk ke dalam Jubelio Omni channel.


1. Kamu membuat format laporan stok barang yang berisi nama usaha kamu, laporan stok opname, dan periode laporan. Lalu berikutnya kamu tambahkan informasi terkait kode barang, nama barang, satuan, harga pokok, dan lainnya.


Sudah mengetahui contoh laporan stok barang gudang untuk usaha retail Anda? Hal ini sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi terbaru mengenai stok akhir hingga mutasi barang. Maka kegiatan stock opname penting untuk dilakukan secara rutin.


Sebagai bukti dalam melaporkan stok barang yang akan Anda catat dan dihitung jumlah persediaannya, maka Anda juga akan memerlukan ide dalam membuat contoh laporan stok barang gudang yang cocok bagi perusahaan Anda melalui artikel ini.


7. Lakukan pencatatan secara rutin ketika ada barang masuk, pindah tempat atau barang keluar. Sehingga dengan melakukan stok barang dapat membantu Anda mengurangi kesalahan manajemen stok barang di gudang.


Untuk pada tahap ini persiapkan tim stok barang Anda, dan pastikan dengan melakukan briefing dahulu dalam menjalankan tugas masing-masing. Setelah itu input mutasi barang, serta pastikan pergerakan barang supaya tidak ada perbedaan pada proses stock barang dilakukan.


Di tahap ini, pegawai di gudang akan melakukan persiapan stock barang dengan cara memberikan stiker atau tag. Bahkan dengan cara merapihkan stok dengan kode atau jenis barang, serta melengkapi stock barang yang sesuai.


Selain itu pada tim stock barang akan mengisi jumlah hitungan barang didalam lembar yang telah disediakan. Kemudian dalam hasil perhitungan tersebut akan di input kedalam aplikasi stok barang seperti Microsoft Excel untuk membandingkan dengan stok versi aplikasi program. Sehingga ketika terjadi selisih maka dapat dilakukan pengecekan ulang atau penyesuaian persediaan.


4. Langkah ke empat, menggunakan sebuah aplikasi dengan sistem inventory yang sangat berguna untuk mengelola stock barang sebelum dilaporkan kepada atasan. Biasanya Anda sering mengunakan aplikasi microsoft excel yang hanya menyediakan fitur pencatatan dan rumus penghitungan saja serta memiliki banyak kelemahan.


Jika perusahaan dapat memutuskan metode stock barang apa yang akan dipakai maka mencatat persediaan sudah bisa dilakukan secara rapi. Namun hal ini tentu menjadi kendala jika Anda melakukan pencatatan dari contoh laporan stok barang gudang secara manual, bahkan akan merepotkan kondisi jumlah barang Anda yang beragam.


Kali ini saya masih akan memberikan tutorial tentang mail merge, tetapi dengan teknik yang berbeda dan menurut saya cara yang satu ini lebih praktis. Seperti biasa, untuk membuat mail merge, kita membutuhkan dua file yaitu dokumen utama dan sumber data.


Pada tutorial ini saya membuat file sumber data (source data) menggunakan Microsoft Office Excel. Saya merasa dengan menggunakan Excel sebagai sumber datanya pekerjaan menjadi lebih cepat, praktis, dan mudah (mungkin karena sudah familiar dengan excel ketimbang aplikasi lain seperti Ms. Access). Karena familiar, saya bisa:


8 Contoh SOP Gudang/ SOP Warehouse ini semoga jadi inspirasi untuk melaksanakan manajemen gudang yang baik. Satu lagi sebagai artikel bonus, saya sajikan cara membuat stok barang masuk dan keluar dengan Excel.


Untuk memastikan keakuratan jumlah persediaan yang dilaporkan dalam laporan keuangan, sebuah perusahaan perlu melakukan penghitungan fisik persediaan (physical inventory) atau stock opname secara berkala, yaitu menghitung persediaan secara fisik.


Pada dasarnya kegiatan penghitungan atau stock opname ini memang cukup melelahkan karena persediaan barang harus dihitung secara langsung untuk bisa memeriksa kondisi dan keadaan barang. Namun saat ini khusus untuk stock opname sudah sedikit lebih mudah karena munculnya barcode yang dipercaya bisa membantu perusahaan untuk mengurangi kesalahan pencatatan dan perhitungan barang dagang.


Dalam tahap ini, orang-orang di gudang akan mempersiapkan berbagai hal untuk melakukan stock opname seperti sticker atau tag, merapikan stok sesuai dengan jenis dan kode, melengkapi stok barang dengan barcode yang sesuai dan lain sebagainya.


Nah, untuk memudahkan anda dalam melakukan stock opname, akan lebih baik jika anda menggunakan sistem yang terintegrasi seperti Ukirama ERP. Sistem ERP ini mampu mencatat, menganalisa dan mengatur keuangan dan akuntansi bisnis anda dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan. Beberapa fitur keren dari Ukirama ERP adalah manajemen stok termasuk proses stock opname, pembelian, penjualan, pengelolaan SDM, manufaktur, reparasi hingga sistem akuntansi. Tidak hanya itu, Ukirama ERP juga menampilkan laporan secara terperinci dan terintegrasi.


Dalam tutorial ini Anda mempelajari cara mengimpor dan mengeksplorasi data di Excel, membuat dan memperbaiki model data menggunakan Power Pivot, dan membuat laporan interaktif dengan Power View yang bisa Anda terbitkan, proteksi, dan bagikan.


Apa yan terjadi jika data Anda berasal dari sumber yang berbeda, atau diimpor kemudian? Biasanya, Anda bisa membuat hubungan dengan data baru berdasarkan kolom yang sesuai. Dalam langkah berikutnya, Anda akan mengimpor tabel tambahan dan mempelajari cara membuat hubungan baru.


Anda bisa dengan segera menggunakan bidang di PivotTable Anda dari tabel yang diimpor. Jika Excel tidak bisa menentukan cara menggabungkan bidang ke dalam PivotTable, hubungan harus tetapkan dengan Model Data yang sudah ada. Dalam langkah berikut, Anda akan mempelajari cara membuat hubungan antara data yang Anda impor dari berbagai sumber.


Pemberitahuan ini muncul karena Anda menggunakan bidang dari tabel yang bukan bagian dari Model Data yang mendasarinya. Salah satu cara untuk menambahkan tabel ke Model Data adalah dengan membuat hubungan ke tabel yang sudah ada dalam Model Data. Untuk membuat hubungan, salah satu tabel harus mempunyai kolom yang unik, tidak berulang, nilai. Dalam contoh data, tabel Cabang Olahraga diimpor dari database yang berisi bidang dengan kode olahraga, yang disebut SportID. Kode olahraga yang sama disajikan sebagai bidang di data Excel yang kita impor. Mari membuat hubungan.


Informações

Bem-vindo ao grupo! Você pode se conectar com outros membros...

membros

bottom of page